Pesan Kesalahan Baik dan Buruk

Pesan yang baik

Ab

Pesan yang Buruk

Warning: mysql_fetch_row(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in … on line N
Warning: mysql_num_rows(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in … on line N
Warning: mysql_fetch_assoc(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in … on line N

Pesan kesalahan akan muncul jika kita melakukan kesalahan dan sistem operasi yang kita gunakan akan menampilkannya secara otomatis. Jika kita akan membuat suatu tatap muka ada baiknya kita juga memberikan suatu pesan kesalahan, karena hal ini untuk mencegah seorang user melakukan kesalahan tersebut berulang-ulang. Oleh karena itu sebuah tatap muka juga harus memperhatikan ketentuan dalam membuat pesan kesalahan Adapun ketentuan dalam membuat pesan kesalahan yaitu :

  • Pesan yang terlalu umum mempersulit pemula untuk mengetahui apa yang salah.
  • Pesan yang tampak memarahi membuat frustasi karena tidak menyediakan informasi tentang apa yang keliru atau bagaimana cara memperbaikinya.

Misalnya :

Buruk
Baik
Syntax Error Tidak sesuai dengan aturan penulisan
Ilegal Entry Ketikan huruf pertama, Send, Read or Drop
Invalid Data Beri range data mis: hari 1-31
Bad File Name Nama file harus dimulai dari huruf

Panduan Konstruktif dan Nada Positif

Daripada memarahi pemakai, jika mungkin pesan harus menunjukkan apa yang harus dilakukan pemakai untuk memperbaiki keadaan. Pesan yang bermusuhan menggunakan istilah yanh kejam dapat mengganggu pemakai non teknis, mis : Fatal error, Corupptor error. Hindari kata-kata negatif seperti : Illegal…, Error, Invalid Bad.

Pemilihan Kata Berpusat Pemakai

Menunjukkan bahwa pemakai mengendalikan sistem. Hindari bentuk perintah ‘enter data’, fokuskan pada kendali pemakai ‘ready’. Pemakai harus mempunyai kendali atas jumlah informasi yang ditampilkan.

Format Fisik yang Sesuai

Menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil. Pesan dengan huruf besar semua hanya digunakan untuk peringatan gawat. Hindari pesan hanya dengan nomor kode. Jika perlu tampilkan kode di akhir pesan. Penempatan pesan dekat sumber masalah, dibaris pada bagisn bawah layar, sebagai pop-up window di layar tengah. Peringatan dengan suara berguna tetapi dapat memalukan pemakai, pemakai harus dapat menghasilkannya.

Leave a comment