Interaksi Manusia dan Komputer Dahulu

Pada awalnya, HCI bukanlah sebuah topik yang sering dipakai, karena hanya sedikit orang yang berinteraksi dengan komputer yaitu spesialis teknik saja. Di tahun 1945, Vannevar Bush menulis sebuah esai mengenai HCI. Bahkan setelah 15 tahun, tidak ada publikasi mengenai HCI. Di tahun 1960, ada beberapa artikel seminar yang ditulis oleh J. C. R. Licklider dan Douglas Englebart mengenai HCI. Beberapa pengembangannya adalah sebagai berikut :

  1. Memex (1945)

Memex adalah Memory Extender. Pertama kali dikenalkan oleh Vannevar Bush tahun1945. Desainnya dibuat berdasarkan teknologi mikro film dan tuas mekanik yang tergabung menjadi sebuah meja besar. Awalnya Bush memformulasi ide Memex di tahun 1932. Kemudian penulisannya tersebut dikirimkan ke majalah FORTUNE di tanggal 7 Desember 1939, namun publikasinya terhambat karena USA sedang memasuki perang dunia 2. Akhirnya artikel Memex dipublikasikan pada Juli 1945 di Atlantic Monthly.

  1. SketchPad (1963)

SketchPad pertama kali dikenalkan oleh Ivan Sutherland, Phd dalam tesisnya di tahun 1963. SketchPad merupakan editor untuk menggambar yang dibuat dengan pemecah batasan. Rancangan layar grafis pertama menggunakan CRT dan pulpen cahaya (lightpen) dan beberapa tombol serta saklar. SketchPad merupakan program OO yang paling pertama dan digunakan oleh Windows.

  1. Augment/NLS (1968)

Augment/NLS pertama kali dikenalkan oleh Doug Engelbart pada tahun 1968. Hasil dari pengembangan ini menghasilkan kegunaan mouse dan raster scan (pixel) di monitor. Interaksi dilakukan pada mouse dan 5 chord keyboard, sedangkan untuk mengetik tulisan yang panjang menggunakan keyboard. Ini digunakan untuk implementasi dari link hyperteks, editor menggambar, link gambar, serta kolaborasi interaktif seperti beberapa orang bisa menunjuk, merubah, dan melihat apa yang ditunjuk oleh orang lain.

  1. Xerox Alto (1973)

Xerox Alto pertama kali dibuat tahun 1973 dan menjadi lisensi mouse dari SRI di tahun 1971. Ide dari Xerox Alto ini adalah bahwa komputer personal didesain untuk dapat digunakan oleh 1 orang saja. Ribuan Alto sudah pernah dibuat, namun Alto ini tidak pernah dijual secara komersial karena komponennya sendiri memiliki harga $10.000 untuk setiap mesin.

  1. Alto GUI

Alto GUI memperlihatkan grafis raster dengan pixel : hitam putih dengan resolusi 808 x 606 pixel. Alto GUI bisa digunakan pada windows, mouse, kursor, menu pop-up, dan word processor (Bravo).

  1. Bravo and BravoX
  2. Lampson

Lampson adalah sebuah pengembangan yang berprinsip WYSIWYG (what you see is what you get). Lampson bisa digunakan untuk layar yang terpisah, bisa menulis dalam huruf tebal dan miring, dan berisi font.

Dengan begini, komunikasi akan terasa lebih mudah dengan banyaknya orang yang bekerja untuk membuat rancangan layar komputer yang berbeda-beda. Motivasi untuk melakukan penelitian di HCI adalah untuk mempengaruhi desain dari sistem yang akan datang. Penelitian ini akan memiliki efek yang sangat signifikan di sistem yang akan datang. Ini menunjukan aspek dari tugas dan aktivitas manusia dalam mendapatkan kebutuhan dan menemukan jalur yang lebih efektif untuk menyediakannya. Kami percaya bahwa penelitian bisa mendasar dan menadi dasar untuk penemuan aplikasi komputer. Alasan lain untuk melakukan penelitian HCI adalah untuk meningkatkan pemahaman kita tentang teknologi dan efeknya untuk menemukan apa efek komputer dalam produktifitas manusia, kepuasan pekerjaan, komunikasi dengan orang-orang dan dalam kualitas hidup mereka secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s