Teknologi dan Arsitektur IMK Saat Ini

TEKNOLOGI SAAT INI

Teknologi berubah dengan sangat cepat walaupun batasan antara beberapa teknologi ini semakin tidak terlihat dan mereka semua bercampur. Contoh dari perkembangan teknologi ini adalah system navigasi GPS, Military Super-Soldier Enhancing Device, identifikasi frekuensi radio, produk, PDA, dan tur virtual untuk bisnis real estate. Beberapa dari alat baru ini sudah diperbarui dan diintegrasi dengan metode interaksi yang sebelumnya. Sebagai ilustrasi, ada solusi dalam pengetikan di computer yang diberikan oleh Compaq. Ini dinamakan Canesta Keyboard. Keyboard ini dibuat dengan basis QWERTY. Alat ini dapat digunakan untuk melacak pergerakan dari jari ketika mengetik di suatu tempat dengan sensor gerak dan mengirimkannya kembali ke keyboard.

ARSITEKTUR SISTEM HCI

Secara umum, rancangan layar berhubungan dengan input dan output dalam jalur komunikasi yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer melalui rancangan layar. Setiap jalur yang berbeda dinamakan modalitas. Sebuah system yang hanya berdasarkan dengan 1 modalitas disebut unimodal. Berdasarkan dari perbedaan modalitas, kita bisa membaginya menjadi beberapa kategori, yaitu :

1.       Berbasis Visual

HCI dengan basis visual adalah area yang paling luas dalam penelitian HCI. Penelitian berusaha untuk menghalau semua aspek berbeda dari respon manusia yang dapat dikenali sebagai sinyal visual. Beberapa area penelitian yang utama adalah sebagai berikut :

–    Analisa ekspresi wajah
–    Pelacakkan pergerakkan tubuh
–    Pengenalan gesture
–    Deteksi pergerakan mata

Analisa ekspresi wajah berhubungan dengan kesadaran emosi secara visual. Pergerakkan tubuh dan pengenalan gesture biasanya berfokus pada suatu area dan bisa punya tujuan yang berbeda, namun kebanyakan dari mereka digunakan untuk interaksi langsung antara manusia dan komputer. Deteksi pergerakan mata adalah sebuah interaksi yang tidak langsung antara user dengan mesin dan biasa digunakan untuk pengenalan yang lebih baik terhadap perhatian user.

2.       Berbasis Audio

HCI dengan basis audio berasal dari interaksi antara komputer dan manusia. Area ini berhubungan dengan sinyal audio. Walaupun sinyal audio tidak bervariasi seperti sinyal visual, tetapi informasi yang dikumpulkan dari sinyal audio lebih terpercaya, membantu, dan dapat menyediakan informasi yang unik. Area penelitian bisa dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

–    Speech Recognition
–    Speaker Recognition
–    Auditory Emotion Analysis
–    Human Made Noise
–    Musical Interaction

3.       Berbasis Sensor

HCI dengan basis sensor adalah kombinasi dari area yang bervariasi dengan aplikasi yang memiliki cakupan yang luas. Basis ini biasanya memiliki setidaknya 1 sensor fisik yang digunakan antara user dan mesin untuk menyediakan interaksi. Sensor bisa sangat primitif / sangat baru. Berikut merupakan beberapa contohnya :

–    Pen Based Interaction
–    Mouse dan Keyboard
–    Joysticks
–    Motion Tracking Sensor dan Digitizer
–    Haptic Sensor
–    Pressure Sensor
–    Taste / Smell Sensor

Beberapa diantaranya adalah sensor yang sudah ada dan beberapa adalah teknologi baru. Sensor Pen Based biasanya digunakan untuk mobile dan berhubungan dengan gerakan pulpen dan area kesadaran penulisan. Sensor Motion Tracking / Digitizer adalah teknologi seni yang biasa digunakan untuk merevolusi film, animasi, dan industry video game. Teknologi ini dating didalam form yang mudah digunakan dan membuat komputer dapat lebih berinteraksi dengan realita dan kemampuan manusia untuk membuat dunianya secara virtual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s