Alat input dan Output

Alat Input

Keyboard

Keyboard atau papan ketik adalah input device yang paling penting untuk dimiliki setiap komputer. Keyboard berfungsi untuk memasukkan perintah secara langsung berupa data-data yang melambangkan huruf, angka, simbol, karakter khusus, dan beberapa perintah shortcut. Urutan huruf keyboard tidak berdasarkan alfabeth namun berdasarkan model QWERTY yang sekarang mulai booming digunakan juga pada Handphone. Selain model QWERTY adapula model DVORAK dan AZERTY. Port yang digunakan oleh keyboard pun bermacam- macam seperti PS/2, serial, USB, bahkan ada yang Wireless.
 

Mouse

Mouse dalam bahasa indonesia artinya adalah “Tikus”. Nama mouse diberikan karena bentuknya yang diibaratkan tikus bergerak kesana kemari. Fungsi mouse adalah untuk memberikan perintah melalui pointer atau kursor. Dengan menggunakan mouse perintah bisa dilakukan secara praktis dan cepat dibanding keyboard, dengan cara click dan double click. Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Sama seperti keyboard port yang digunakan bisa berupa PS/2, serial, USB, dan juga wireless.

Touchpad

Touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk memberikan perintah melalui pointer atau kursor secara cepat. Touchpad bisa ditemukan hampir pada setiap Laptop dan Notebook . Cara penggunaanya yaitu dengan menerima sensor sentuhan untuk mengendalikan pointer.

Trackball

Trackball memiliki fungsi yang sama seperti Mouse dan Touchpad. Dalam penggunaanya dengan memutar bola pada Trackball. Jika diibaratkan adalah kebalikannya mouse tipe terdahulu yang masih menggunakan bola sebelum optik.

Digitizer dan Light pen

Kedua Input Device tersebut Berfungsi untuk menerima informasi secara langsung melalui coretan atau gambaran dari stylus. Biasanya digunakan oleh para Desainer baik Desain Teknik maupun Grafik. Bentuknya menyerupai Buku tulis namun lebih tebal dan menggunakan media Screen yang menerima sinyal koordinat X dan Y.

Joystick

Joystick berfungsi untuk memudahkan kendali dalam sebuah Game Komputer. Joystick sangat dipbutuhkan dalam sebuah game karena banyak hal yang tidak bisa dilakukan atau sulit dilakukan pada Keyboard ataupun Mouse. Joystick memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan oleh game tersebut.

Scanner

Scanner berfungsi untuk memindai Gambar atau Tulisan agar bisa ditransfer dan diedit ke dalam komputer. Cara kerjanya seperti mesin fotocopy, namun Scanner hanya merubah data yang disalin menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.

Barcode Scanner

Barcode Scanner berfungsi untuk membaca barcode dan diterjemahkan kedalam kode angka dan sebagainya. Biasanya barcode terdapat dalam sebuah produk yang sering dijual di Supermarket dan sebagainya.

Kamera

Kamera berfungsi untuk menangkap objek melalui sensor data analog yang diubah menjadi data digital berupa gambar atau video. Pada Laptop dan Notebook sekarang biasanya sudah terintegrasi kamera yang dapat memotret dan merekam video.

Microphone

Microphone berfungsi untuk memberi masukan informasi berupa suara. Microphone dapat merubah gelombang suara yang ditangkap menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.
Alat Output
berbagi itu baik jenis alat input output komputer dan fungsinya | Berbagi Itu Baik http://annasbawika.blogspot.com/2012/11/jenis-alat-input-output-komputer-dan.html#ixzz2TzbK3WMl
berbagi itu baik
  • SPEAKER

Fungsi                : Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dll.
Cara Kerja        : Ketika mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Komponen    :  – Speaker Sound
– DSP
– DAC
speaker annas bawika



  • PRINTER

Fungsi                 : Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.
Cara Kerja          : ada berbagai macam jenis printer disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu jenis Laser. Cara kerja  printer sebagai berikut :  Sebuah laser ditembakkan    sesuai dengan dot-dot yang akan dicetak. Spinning mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum berputar pada garis selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar laser, drum menjadi terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak. Sejalan dengan drum yang terus bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi serbuk hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang terisi muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan dicetak. Selembar kertas kemudian dilewatkan drum. Kawat yang terisi muatan listrik melapisi kertas. Ketika kertas kontak dengan drum, toner menempel pada kertas. Sejalan ketika kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas dan tekanan yang  dinamakan fusing system/fuser. Fusing system ini berfungsi untuk melelehkan tinta ke kertas. Kemudian kertas keluar dari pinter. Di saat yang sama, permukaan drum melewati wire lain yang dinamakan corona wire. Corona wire ini me-reset charge pada drum, dan drum siap untuk halaman selanjutnya.
Komponen    :  –  Drum
–   Toner
–   Corona wire
–   Fuser
–   Laser scanner
–   Roller
Printer- annas bawika


 

  • MONITOR
  • Fungsi: Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.
  • Cara Kerja          : Disini saya akan mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2 bagian utama Yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.
  • Komponen     : –  Backlight
  •  Kristal Cair
 
  • HEADPHONE

Funngsi sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita lebih       kecil Di bandingkan dengan speaker.
Cara Kerja : suara yang telah di input melalui Microphone dikirim ke  soundcard Data digital ini kemudian diolah/ diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan memlalui Headphones.
Komponen      : –  speaker
–  DAC
–  DSP

Headphone annas bawika

  • PROYEKTOR LCD

Fungsi                    : untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar.
Cara kerja             : bekerja berdasarkan prinsip pembiasan
cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel
LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan
warna-warna dasar, merah, hijau dan biru
(R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD
dalam sebuah proyektor. Warna gambar
yang dikeluarkan oleh proyektor
merupakan hasil pembiasan dari panel-
panel LCD  tersebut yang telah disatukan
oleh sebuah  prisma khusus. Gambar yang
telah  disatukan tersebut kemudian
dilewatkan  melalui lensa dan di”jatuh”kan
pada layar  sehingga dapat dilihat sebagai
gambar utuh.
Komponen      : –  ventilasi
–  Lensa
–  Socket
–  Sensor
–  Component Video
–  Tabung dichroic combiner

images

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s